Thursday, May 7, 2009

Web Surfing Sumber Utama Infeksi 2008





Jakarta - Web surfing masih tetap menjadi sumber utama bagi infeksi baru di tahun 2008, dan para penyerang semakin mengandalkan tool kit program jahat yang dapat dikustomisasi untuk mengembangkan dan menyebarkan ancaman mereka.

Hal ini dipaparkan Symantec dalam laporan keamanan bertajuk Symantec Internet Security Threat Report Volume XIV di Grand Hyatt, Rabu (6/5/2009). Menurut laporan tersebut, 90 persen dari ancaman yang terdeteksi Symantec berusaha mencuri informasi rahasia.

Selama evaluasi, software pengembangan aplikasi web menjadi sumber kerentanan (vulnerabilities) yang paling utama. Software seperti ini dikembangkan untuk mempermudah implementasi web-web baru dan digunakan secara luas di internet. Banyak dari platform ini tidak didesain dengan mengembangkan aspek keamanan dan meningkatkan banyak kelemahan sehingga rentan terhadap serangan.

Dari semua kerentanan yang diidentifikasi selama 2008, 63 persen menjangkiti aplikasi web, naik dari 59 persen di 2007. Dari 12.885 kerentanan jenis site spesific cross site scripting yg dilaporkan pada 2008, hanya 3 persen (394) yang diperbaiki ketika laporan ini ditulis.

Dari laporan ini terungkap bahwa serangan berbasis web berasal dari negara-negara di seluruh dunia, yang didominasi AS (38 %), China (13 persen), dan Ukraina (12 persen). ( faw / faw )

No comments: