Wednesday, May 23, 2007

Laboratorium KKPI Pindah


Isu ini sudah lama bergulir setahun yang lalu,karna penggunaan ruangan / lokal kelas yang terbatas di SDN Kebon Melati 03 sehingga memaksa pihak SDN Kebon Melati 03 mendesak SMK PGRI 31 Jakarta untuk memindahkan Laboratorium Komputer ke Laboratorium IPA .Serentak kami pun kaget dengan tuntutan pihak SDN 03 yang tidak beralasan tersebut,mengingat memindahkan laboratorium komputer yang dari awal kami pindah dikawasan SDN 01-02-03 Kebon Melati dibangun HARUS DIPINDAHKAN ditambah lagi tempat penggantinya LEBIH KECIL dari awal tempat mula laboratorium ini di bangun.Emangnya memindahkan Laboratorium sama seperti memindahkan ember kali yach gerutu Bu Mulyanti wakil kurikulum.
Sebelumnya saya jelaskan bahwa Laboratorium kami mempunyai 42 unit Komputer ,lengkap dengan jaringan ,5 buah printer LX300+ ,1 buah printer LQ2180 dan sebuah server dengan modem ADSL sebagai Internet Service Provider plus printer Epson Photo R230,dilengkapi 2 unit AC Panasonic 1 PK dan 1 unit AC Panasonic 2 PK.
Begitu repotnya dan tingginya biaya untuk memindahkan laboratorium komputer ini dimana kalo memang terjadi maka yang harus dikerjakan sebagai berikut;
1. Memindahkan dan bikin baru panel listrik untuk daya listrik ditambah lagi harus menarik kabel power sepanjang + 80 meter karena tempat yang disediakan berada diujung sekali
2. Kami harus narik kabel telepon sebagai akses internet
3. Harus bongkar + pasang AC sebagai pendingin ruangan
4. Harus bikin baru untuk membuat LAN di lab ini
5. Harus buat baru link-link kabel LAN diluar Laboratorium untuk ke - TU,ke- Ruang SIM,wah pekerjaan yang sangat makan biaya.

Dari situlah pada tahun yang lalu pihak SMK PGRI 31 Jakarta mengahadap ke pihak DikNas guna mencari solusi dalam permasalahan ini,yang ternyata hanya membuahkan penundaan selama setahun.
Akhirnya tahun ini pun kembali terjadi ...dalam minggu ini tim IT SMK PGRI 31 Jakarta dipanggil Ibu Kepala Sekolah untuk membicarakan masalah ini.Dengan bijaknya kami pun melempar ide bagaimana kalau Laboratorium Komputer tetap ditempat semula akan tetapi sebagai gantinya pihak SMK PGRI 31 Jakarta menanggung penuh untuk membongkar Laboratorium IPA SDN Kebon MElati 03 hingga seperti kelas yang ideal dan membangun kembali LAboratorium jika SMK PGRI 31 Jakarta pindah dan pihak SMK PGRI 31 Jakarta SIAP MEMBANGUN kembali seperti keadaan semula.
Karna yang menjadi akar permasalahan adalah bahwa murid SDN 03 Kebon Melati tahun ini mengalami kenaikan jumlah sehingga membutuhkan lokal kelas yang dipakai oleh SMK PGRI 31 Jakarta sebagai Laboratorium Komputer.
Namun ironisnya sampai tulisan ini dibuat belum ada kepastian yang berarti sekalipun pihak SMK PGRI 31 telah mengahadap ke DikNas guna membicarakan masalah ini.


Tunggu saja bagaimana nasib Laboratium KKPI ini....HELP MEE

No comments: